Rabu, 14 Juni 2023

Keragaman Cerita Budaya Sunda yang Indah di Museum History of Sundaland

 

Sejarah Sunda di Museum History of Sundaland di Karawang memiliki keragaman yang kaya, mencakup periode waktu yang panjang dan berbagai aspek kehidupan masyarakat Sunda. Kita akan memulai penceritaan dari Kerajaan Sunda. Tepatnya pada abad ke-7 hingga ke-16 dimana wilayah Sunda di Jawa Barat menjadi pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Buddha yang kuat. Seperti halnya Kerajaan Tarumanagara dan Kerajaan Sunda. Kerajaan-kerajaan ini memberikan kontribusi besar dalam pengembangan budaya dan seni, termasuk arsitektur candi, relief, dan literatur.

Pada periode berikutnya terjadi proses Islamisasi Sunda. Atau tepatnya pada abad ke-16 saat agama Islam masuk ke wilayah Sunda. Sehingga mengubah lanskap keagamaan dan sosial masyarakat. Begitu pula perdagangan dan kolonialisme. Selama era perdagangan dan kolonialisme, wilayah Sunda menjadi pusat perdagangan dan interaksi dengan bangsa-bangsa Eropa. Para pedagang dan penjelajah seperti Portugis, Belanda, dan Inggris mempengaruhi ekonomi, politik, dan budaya Sunda.

Di Museum History of Sundaland diperkenalkan pula tentang  budaya rakyat Sunda yang kaya dan beragam. Budaya Ini termasuk seni pertunjukan seperti wayang golek (boneka kayu), seni suara seperti degung (musik tradisional), seni tari seperti tari jaipongan, dan kegiatan adat istiadat seperti upacara perkawinan, ritual pertanian, dan tradisi adat lainnya.

Salah satu bagian narasi yang tak kalah penting adalah Perjuangan Kemerdekaan. Selama perjuangan kemerdekaan Indonesia, para pemuda berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan. Para pahlawan nasional dari Sunda, terkhusus dengan terjadinya peristiwa Rengasdengklok.

Demikian melalui kunjungan ke museum History of Sundaland kita dapat lebih memahami keragaman sejarah Sunda serta budaya masyarakat.

Sebuah museum yang menuturkan riwayat Kerajaan Sunda, bahkan jauh sebelumnya ketika era purbakala, maupun mendekati era kebudayaan yang lebih modern. Museum ini memiliki 17 zona tematik yang menyimpan beragam benda koleksi serta spot foto instagramable.

Di Museum History of Sundaland, tersajikan beragam ceritera sejarah Sunda yang sangat lengkap, mulai dari Zaman Purbakala Sundaland, Kebudayaan Buni, Ekspedisi Laksamana Chengho, Misteri Gunung Padang, Tradisi Kubur Batu, Jejak Suku Baduy, megahnya Kesultanan Cirebon & Kanoman, Perkasanya  Kerajaan Pajajaran dengan Prabu Siliwanginya, serta bagaimana rahasia tentang Tanah Pasundan sesungguhnya,

Sedangkan ketujuh belas zona yang dimaksud antara lain zona panggung dan pementasan, awal mula kehidupan, penemuan fosil manusia purba di Tanah Pasundan, Zona Kubur Batu dan Austronesia, Gelegar Krakatau, Suku Baduy, Kebudayaan Buni, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda dan berbagai pengaruhnya, Kerajaan Champa, dan Tokoh Islam di Tanah Pasundan. Selain itu terdapat sejumlah  fasilitas modern seperti teater 3 dimensi, Augmented Reality (AR), serta QR Movie.

Yukk, mari berkunjung ke Museum History of Sundaland!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

  Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 S...