Jumat, 17 November 2023

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

 

Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 SM hingga 100 Masehi.

Buni merupakan komplek kebudayaan yang cukup luas di sepanjang pantai utara Jawa Barat, di daerah aliran Sungai Cisadane, Ciliwung, Bekasi, Citarum, dan Cipagare, sehingga dinamakan komplek kebudayaan Buni.

Pendukung kebudayaan situs Buni merupakan cikal bakal dari masyarakat kerajaan Tarumanagara di Jawa Barat. Kebudayaan ini dikenal karena seni megalitiknya, yaitu seni pembuatan batu-batu besar yang dipahat dan diukir dengan berbagai motif dan gambar yang unik. Batu-batu megalitik ini sering ditemukan di sekitar situs-situs arkeologi di daerah Buni. Selain seni megalitik, kebudayaan Buni juga dikenal karena produksi tembikar yang halus dan berwarna merah yang biasanya digunakan untuk keperluan upacara.

Situs Buni mencakup daerah pesisir yang cukup luas di sekitar Jakarta, yang menghasilkan gerabah dengan bentuk dan pola hias yang lazim dikenal dengan tipe Sa-Huynh dan Kalanay di Asia Tenggara. Temuan arkeologis berupa gerabah India dengan pola hias rolet dan manik-manik di situs Buni mencerminkan adanya kontak atau interaksi antara masyarakat setempat dengan dunia luar khususnya India. Masyarakat atau penghuni situs tersebut kemungkinan telah terlibat dalam perdagangan regional maupun internasional.

Seluruh temuan berupa tembikar, terdiri dari macam-macam bentuk dan ukuran berupa periuk, mangkuk berkaki, kendi dan tempayan. Selain itu ditemukan adanya beliung persegi, artefak logam perunggu dan besi, gelang dari batu dan kaca, perhiasan emas, manik-manik, bandul jala dari terakota dan tulang belulang manusia.

Nampaknya, masyarakat Buni telah mengenal tradisi penguburan langsung tanpa wadah dengan tembikar sebagai bekal kuburnya, namun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa tembikar-tembikar tersebut dimanfaatkan pula untuk keperluan sehari-hari. Sehingga, benda-benda kerajinan dari kebudayaan Buni yang telah berusia ribuan tahun ini, merupakan sumber artefak berharga bagi sejarah Tanah Sunda, sejak era purbakala hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

  Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 S...