Rabu, 26 April 2023

3 Fokus Pembelajaran Anak Selama "Fun Learning" di Museum History of Sundaland

 

Setiap anak yang berkunjung ke museum perlu mendapat perhatian khusus dari pendamping, baik orangtua maupun guru kelas, terutama saat menjalani kurikulum merdeka belajar, dengan konsep outdoor learning seperti saat ini. Pasalnya, diperlukan dorongan fasilitas agar anak dapat menyukai kisah-kisah lokal dari negeri sendiri. Seperti yang kita lihat di bawah ini yaitu Teknologi Augmented Reality dari letusan Gunung Krakatau berabad-abad silam. 


Sebenarnya tidak cukup sebatas mengajak serta anak-anak berwisata museum. Pada saat berada dalam Museum History of Sundaland misalnya, peranan orangtua dan guru tetap diperlukan. Namun ternyata banyak guru yang kesulitan mengajak siswa ke museum. Seringkali anak-anak tidak tertarik atau menganggapnya membosankan dan tidak relevan dengan kehidupan mereka. Sekalipun mereka datang itu karena harus mengerjakan tugas dari sekolah.

Fokus Materi Belajar di Museum History of Sundaland

Pada saat guide museum membawa berkeliling, serta menjelaskan tentang kesejarahan Tanah Sunda, dibutuhkan fokus untuk memperhatikan informasinya. Sebab, apabila orang dewasa pun hanya sebatas melihat-lihat sekilas, apalagi membiarkan putra atau putrinya hilang fokus, tentunya takkan banyak pengetahuan diperoleh.

Lantas, pemahaman apa saja yang penting diperhatikan untuk menarik perhatian anak-anak?

1. Benda Koleksi Museum

Di Museum History of Sundaland, yang mengangkat kisah sejarah peradaban Sunda, terdapat ratusan benda koleksi bersejarah. Biasanya, sangat menarik bagi anak-anak untuk melihat benda kuno, yang menurut mereka unik. Tentu ketertarikan ini harus dijelaskan oleh orangtua melalui keterangan koleksi, ataupun dari penjelasan guide museum.


2. Augmented Reality

Setiap pengunjung yang telah mendownload aplikasi History of Sundaland AR dapat menscan obyek 3D yang sangat unik. Pada saat anak terlihat jenuh, orangtua bisa mengaktifkan AR melalui layar ponsel. Sehingga beberapa obyek gambar 3D akan terlihat seperti nyata.


3. Cerita Kebudayaan Sunda

Seluruh zona di Museum History of Sundaland mengisahkan tuntutan hidup purbakala jawa, kisah raja-raja Sunda, hingga kebudayaan masyarakat, secara turun-temurun. Alangkah baiknya jikalau anak-anak terpantik semangatnya pada cerita budaya tersebut. Dengan demikian selanjutnya mereka pun menyukai kearifan lokal dari tanah kelahirannya sendiri.


Berkunjung ke Museum History of Sundaland

Di museum ini tersajikan beragam ceritera sejarah Sunda yang sangat lengkap, mulai dari Zaman Purbakala Sundaland, Kebudayaan Buni, Ekspedisi Laksamana Chengho, Misteri Gunung Padang, Tradisi Kubur Batu, Jejak Suku Baduy, megahnya Kesultanan Cirebon & Kanoman, Perkasanya  Kerajaan Pajajaran dengan Prabu Siliwanginya, serta bagaimana rahasia tentang Tanah Pasundan sesungguhnya.

Kunjungi museum modern sejarah Sunda ini di Karnival Theme Park ( Fun & Fit Trampolin), Galuh Mas Kota Karawang Jawa Barat Destinasi Wisata Edukasi untuk keluarga milenial masa kini

Alamat

Jl. Arteri Galuh Mas No.30, Sukaharja, Kec. Telukjambe Tim., Karawang, Jawa Barat 41361





 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

  Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 S...