Kamis, 27 April 2023

Yukk, Bercerita Tentang Wayang Topeng Koleksi Museum History of Sundaland!

 

Sewaktu berkunjung ke Musuem History of Sundaland, kita dapat menemukan beberapa koleksi topeng dengan sumber penceritaan masing-masing. Museum ini berlokasi di Karawang, Jawa Barat, sehingga koleksinya pun berakar dari peradaban Tanah Sunda.

Adapun seni wayang topeng merupakan primadona kesenian tradisi masyarakat Jawa selama ratusan tahun. Seni budaya dan religius inipun telah dihidupkan sejak abad ke-8 masehi. Semula, tari topeng merupakan jenis tarian rakyat yang tumbuh di desa-desa Cirebon dan sekitarnya. Sementara versi lain menyebut tarian topeng sempat berkembang dari Jawa Timur.

Foto ; Kompas

Sampai dengan kini wayang topeng terus dilestarikan. Sebagai property budaya, topeng sangat penting digunakan pada setiap bentuk pertunjukan tari, terkhusus cermin ajaran ajaran agama Islam.

Semenjak abad ke-15, Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga melakukan syiar menggunakan wayang topeng. Itulah mengapa tari topeng ini salah satu media dakwah yang mencerminkan akulturasi budaya. Filosofi tarian inipun digambarkan seperti siklus kehidupan manusia mulai kelahiran hingga menjelang kematian.

Koleksi Topeng Museum History of Sundaland

Sebanyak 17 zona sejarah dan budaya Sunda di Museum History of Sundaland. Salah satu yang sedang kita ceritakan ialah zona “Kebudayaan Wayang di Pasundan”. Nah, kita pun dapat mengambil 3 contoh koleksi topeng yang tersimpan disana.

1.     1. Topeng Banjet

Topeng ini merupakan asset budaya Kabupaten Karawang, lokasi dimana Museum History of Sundaland berada. Kesenian topeng banjet inipun termasuk dalam seni teater tradisional atau pertunjukan rakyat. Cirinya ialah lawakan sehingga terkesan lucu dan menghibur. Setelah itu diteruskan melalui pertunjukan seni drama tradisional.

Foto : MuseumHistoryofSundaland

Keutamaan lain Topeng Banjet dikenal dengan bahasa sundanya dan waditra pengiring. Seperti pada kendang, kecrek, dan goong buyung (gong kecil). Sedangkan musik Topeng Banjet dimainkan menyerupai suara bancet (sejenis katak) bersahutan.

2.   2.  Patihan Sabrang

Patihan Sabrang merupakan jenis wayang dugangan atau sabet, artinya sering dimainkan dalam adegan perang. Istilah Patihan Sabrang didapat dari kata patih dan sabrang. Patih merupakan pangkat dibawah raja atau sering disamakan dengan Perdana Menteri. Sabrang atau seberang (indonesia) merupakan istilah untuk menunjuk kerajaan dunia wayang yang tidak terdapat di tanah Jawa. Dalam dunia wayang kulit purwa beberapa yang termasuk kerajaan seberang adalah Parang Kencana, Guwa Barong, dll.

Topeng Panji Koleksi Museum HOS

3.    3.  Prabu Bomantara

Prabu Bomantara adalah Raja negara Trajutisna / Prajatisa. Prabu Bomantara masih keturunan Bathara Kalayuwana, putra Bathara Kala dengan Bathari Durga / Dewi Pramuni dari kahyangan Setragandamayit. Karena ketekunan bertapa, ia menjadi sangat sakti. Berwatak angkara murka, kejam, bengis dan selalu menurutkan kata hatinya.

Prabu Bomantara pernah menyerang Suralaya dan mengalahkan para Dewam kemudian menyerang negara Goa Siluman, sehingga menewaskan Prabu Arimbaji untuk menguasai wilayah hutan Tunggarana.

Topeng Bondres


Berkunjung ke Museum History of Sundaland

Sobat Museum, demikian catatan kita tentang wayang topeng koleksi Museum History of Sundaland, yang tercatat di dalam ruang koleksi Museum ini. Selengkapnya tentang pengetahuan sejarah maupun budaya Tanah Sunda bisa diperoleh melalui kunjungan Museum History of Sundaland. Museum ini dilengkapi sejumlah teknologi I.T kekinian serta terdapat zona interaktif dengan visualisasi diorama yang menawan beserta spot foto yang instagramable.

Selamat berwisata!







 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

  Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 S...