Kamis, 25 Mei 2023

Museum History of Sundaland Ciptakan Aktivitas Merdeka Belajar yang Aktif, Kreatif, dan Inklusif


Merdeka Belajar di Museum History of Sundaland berfokus pada pengenalan kearifan lokal Tanah Sunda. Museum ini terletak di Karawang, Jawa Barat. Sebagai wahana edukasi yang membawa tema budaya Sunda secara spesifik, Museum History of Sundaland telah menjadi rujukan Merdeka Belajar bagi para siswa setingkat SD, SMP, SMA/SMK, hingga Perguruan Tinggi.


Merdeka Belajar itu sendiri adalah program pendidikan yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Di bawah kepemimpinan Nadiem Makarim, program Merdeka Belajar menjadi salah satu inisiatif utama untuk mengubah pendekatan pembelajaran di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan lebih banyak kemerdekaan dan fleksibilitas kepada siswa dan sekolah dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.


Tujuan ini pula sejalan dengan prioritas Museum History of Sundaland yang mendorong motivasi anak-anak agar dapat mencintai budaya bangsanya sendiri. Nadiem Makarim pun memandang bahwa pendidikan harus mencerminkan semangat kebebasan dan kreativitas, sehingga siswa dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal. Program Merdeka Belajar diinisiasi sebagai langkah menuju transformasi sistem pendidikan yang lebih inklusif, responsif, dan adaptif.

”Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Perjalanan dan perjuangan untuk mewujudkan Merdeka Belajar harus kita teruskan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Kita ingin mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” ujar Nadiem, seperti dikutip dari Kompas (05/02/2023).

Selama kepemimpinannya, Nadiem Makarim juga mendorong penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, seperti penggunaan platform digital dan pembelajaran online. Program ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan, memajukan siswa, dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan. Budaya Merdeka Belajar yang diperkenalkan oleh Nadiem Makarim mengandung beberapa nilai dan prinsip yang ingin ditekankan dalam pendidikan, antara lain:

  • ·        Kebebasan dalam Pembelajaran: Budaya Merdeka Belajar mendorong siswa untuk memiliki kebebasan dalam mengatur proses pembelajaran mereka sendiri. Mereka diberikan kebebasan untuk menentukan minat, gaya belajar, dan tempo pembelajaran mereka sendiri.
  • · Pengembangan Diri: Budaya Merdeka Belajar mendorong siswa untuk mengembangkan potensi dan minat mereka secara pribadi. Mereka didorong untuk mengeksplorasi minat mereka, mengembangkan keahlian khusus, dan mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka.
  •    Pendidikan yang Inklusif: Budaya Merdeka Belajar mempromosikan pendekatan inklusif dalam pendidikan. Setiap siswa dihargai dan didorong untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan mereka.
  •   Pembelajaran Aktif dan Kreatif: Budaya Merdeka Belajar mendorong metode pembelajaran yang aktif dan kreatif. Siswa didorong untuk terlibat dalam kegiatan interaktif, berpikir kritis, dan mengembangkan keterampilan kreatif mereka.


Kolaborasi dan Kemitraan: Budaya Merdeka Belajar mendorong kolaborasi antara siswa, guru, sekolah, dan pengelola Museum History of Sundaland. Guru berperan sebagai fasilitator dan pendamping dalam proses pembelajaran di Museum, sementara sekolah  berperan dalam mendukung dan memberikan akses ke sumber daya pendidikan yang beragam.

Melalui pengenalan Budaya Merdeka Belajar, Nadiem Makarim pun betujuan memperbaiki sistem pendidikan Indonesia dengan memberikan lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas kepada siswa serta meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran.


Berkunjung ke Museum History of Sundaland!

Museum History of Sundaland terletak dipusat kabupaten Karawang. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana seru dan menantang sekaligus belajar budaya sunda, terutama melalui 17 seru yang begitu instagramable, sehingga sangat dianjurkan untuk didatangi karena menggabungkan edukasi dan hiburan. Maka, selain memperoleh ilmu dan pengetahuan juga mendapatkan berbagai foto instagramable yang sangat menarik, serta pengalaman bermain AR di museum yang tidak dapat ditemukan disembarang tempat.


Selamat berwisata!

Museum History of Sundaland

Jl. Arteri Galuh Mas No.30, Sukaharja, Kec. Telukjambe Tim., Karawang, Jawa Barat 41361

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

  Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 S...