Senin, 15 Mei 2023

Belajar Tentang Budaya Prasejarah Buni di Museum History of Sundaland Pasti Bermanfaat!

 

Kebudayaan Buni di Museum History of Sundaland sangat menarik dengan beragam bedna koleksinya. Kebudayaan megalitikum ini mengisi ruang koleksi prasejarah di ke Museum History of Sundaland, Karawang, Jawa Barat. Jejak budaya ini ditemukan di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dan diperkirakan berkembang pada periode 400 SM hingga 100 Masehi.

Kebudayaan Buni dikenal karena seni megalitiknya, yaitu seni pembuatan batu-batu besar yang dipahat dan diukir dengan berbagai motif dan gambar yang unik. Batu-batu megalitik ini sering ditemukan di sekitar situs-situs arkeologi di daerah Buni. Selain seni megalitik, kebudayaan Buni juga dikenal karena produksi tembikar yang halus dan berwarna merah yang biasanya digunakan untuk keperluan upacara.

Tembikar Kebudayaan Buni / Kompas.com

Situs arkeologi terkenal dari kebudayaan Buni adalah Situs Buniayu yang terletak di Desa Buniayu, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Situs ini ditemukan pada tahun 1924 oleh seorang arkeolog Belanda bernama Dr. J.L.A. Brandes dan telah menjadi saksi bisu keberadaan kebudayaan megalitikum Buni pada masa lampau.

Berikut 6 ciri kebudayaan Buni:

1.         Seni Megalitik: Kebudayaan Buni dikenal dengan seni megalitiknya, yaitu seni pembuatan batu-batu besar yang dipahat dan diukir dengan berbagai motif dan gambar yang unik. Batu-batu megalitik ini sering ditemukan di sekitar situs-situs arkeologi di daerah Buni.

2.         Produksi Tembikar: Kebudayaan Buni juga dikenal karena produksi tembikar yang halus dan berwarna merah yang biasanya digunakan untuk keperluan upacara.

3.         Penggunaan Besi: Kebudayaan Buni telah menggunakan besi dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini terbukti dari temuan arkeologi berupa benda-benda dari besi seperti alat pertanian, senjata, dan perkakas rumah tangga.

4.         Tinggalan Budaya: Situs arkeologi terkenal dari kebudayaan Buni adalah Situs Buniayu yang terletak di Desa Buniayu, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Situs ini telah memberikan bukti-bukti tentang keberadaan kebudayaan Buni pada masa lampau.

5.         Budaya Masyarakat Petani: Kebudayaan Buni merupakan kebudayaan masyarakat petani dengan mata pencaharian utama bertani. Buktinya adalah temuan arkeologi berupa gundukan-gundukan tanah yang diperkirakan sebagai situs-situs pertanian dan ladang di daerah Buni.

6.         Agama Animisme: Kebudayaan Buni juga dikenal dengan kepercayaannya pada animisme, yaitu keyakinan bahwa semua benda memiliki jiwa atau roh yang dapat berinteraksi dengan manusia. Hal ini tercermin dari beberapa motif dan gambar yang ditemukan pada batu megalitik kebudayaan Buni yang menggambarkan kepercayaan pada roh nenek moyang dan kekuatan alam.



Artefak Kendi Museum History of Sundaland

Kendi kebudayaan Buni adalah jenis kendi yang diproduksi pada periode megalitikum sekitar 400 SM hingga 100 Masehi. Kendi ini terbuat dari tanah liat yang dibentuk dengan teknik manual dan kemudian dibakar untuk mengeras dan membuatnya tahan air. Kendi tersebut memiliki bentuk bulat atau oval dengan mulut lebar dan tangan pegangan pada bagian atas. Permukaan kendi ini dihiasi dengan pola-pola geometris yang terukir dengan indah. Pada beberapa kendi juga terdapat gambar-gambar figuratif yang menggambarkan binatang atau manusia.

Kendi kebudayaan Buni ditemukan di situs-situs arkeologi di sekitar daerah Buni, khususnya di Situs Buniayu yang terletak di Desa Buniayu, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Kendi-kendi ini merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga karena menggambarkan kemampuan seni dan kerajinan tangan yang tinggi pada masa megalitikum di Indonesia.

Berkunjung ke Museum History of Sundaland

Saat berkunjung ke Museum History of Sundaland tentunya pengunjung memperoleh sejumlah fasilitas yang lengkap. Seperti halnya teater 3 dimensi serta berbagai spot foto yang dilengkapi teknologi Augmented Reality. Sehingga suatu obyek bersejarah dapat menjelma nyata di dalam layar ponsel kita. Semuanya tersedia melalui 17 zona yang diantaranya bertemakan Pengaruh Cheng Ho, Kasultanan di Jawa Barat, Berdirinya Kasultanan Jawa Barat, Jalur Perdagangan Jawa Barat, Kedatangan dan Pengaruh VOC, serta Wayang dan Topeng Jawa Barat. Selamat berwisata. Salam Sahabat Museum!



Lokasi Museum History of Sundaland (Fun World Carnival)

Jl. Arteri Galuh Mas No.30, Sukaharja, Kec. Telukjambe Tim., Karawang, Jawa Barat 41361

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Narasi HOS : Kebudayaan Buni

  Kebudayaan Buni, meninggalkan jejak di daerah Buni, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang diperkirakan berkembang pada periode 400 S...